Temuan Benda Mirip Tubuh Pesawat di Natuna Bikin TNI AU Turun Tangan

Ica Juniyanti

Warga yang bermukim di Pantai Air Danau, Desa Sepempang, Kecamatan Bunguran Timur, Natuna, Kepulauan Riau (Kepri) geger dengan temuan benda mirip tubuh pesawat. TNI AU yang mengetahui itu pun langsung turun tangan.

Kepala BPBD Natuna, Raja Darmika, menjelaskan bahwa peristiwa penemuan diduga puing pesawat itu terjadi pada Sabtu (24/12) pagi.

"Tadi ada laporan warga yang kami terima. Mereka menemukan benda yang diduga mirip puing pesawat," katanya.

Diakuinya penemuan benda yang diduga serpihan pesawat itu membuat warga sekitar heboh. Petugas pun sudah turun ke lapangan untuk mengidentifikasi benda tersebut.

"Cukup heboh penemuan itu. Anggota tadi sudah ke lokasi dan memeriksa. Tadi lokasi penemuan sudah disterilisasi oleh polisi dan berkoordinasi dengan Lanud," ujarnya.

Kapolres Natuna AKBP Iwan Ariyandhy mengatakan, terkait penemuan benda yang diduga puing pesawat itu telah dikoordinasikan dengan Lanud Raden Sadjad, Natuna. Nantinya benda tersebut akan diteliti oleh pihak Lanud Raden Sadjad.

"Iya betul, ada benda yang diduga puing pesawat. Masih diduga ya. Kita sudah melakukan koordinasi dengan Lanud Natuna. Karena dari Lanud lebih paham. Hal itu untuk memastikan apakah benda yang ditemukan itu merupakan puing pesawat atau tidak," kata Iwan

Iwan menyebutkan benda diduga puing pesawat tersebut diperkirakan terbawa arus laut sehingga benda tersebut terdampar di bibir pantai. Benda itu terdampar di bibir pantai bersama sampah yang terbawa ombak.

"Benda diduga puing pesawat itu diperkirakan terbawa arus, saat ini tengah musim Utara dengan cuaca yang cukup ekstrim seperti gelombang angin dan curah hujan yang cukup tinggi," ujarnya.

"Tadi sempat kita sterilisasi lokasi benda diduga puing pesawat itu. Hanya pasang tali saja bukan garis polisi. Kita juga belum pasti benda apa itu biar nanti teman-teman Lanud yang memastikan," ujarnya.

Editor: Abdul Khoir

artikel terbaru