Nelayan Tenggelam di Natuna Ditemukan Meninggal Dunia

Ica Juniyanti

Seorang nelayan di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, bernama Zulkarnain (51) ditemukan dalam keadaan meninggal dunia. Ia diduga terjatuh saat memancing pada malam hari.

"Nelayan bernama Zulkarnain warga, Desa Tanjung Pala RT 003 RW 003 Kecamatan Pulau Laut dinyatakan hilang pada Sabtu (24/12/2022) ditemukan tadi pagi tersangkut di bakau dan dalam keadaan tidak bernyawa," kata Kepala Kantor Basarnas, Natuna Mexianus Bekabel, Minggu (25/12/2022).

Zulkarnain diketahui pergi memancing pada Sabtu malam sekitar pukul 20.00 WIB. Ia biasanya pulang sekitar pukul 22.00 WIB namun hingga pukul pukul 00.00 WIB ia tidak kembali.

"Namun hingga dini hari Zulkarnain tidak kunjung pulang dan dinyatakan hilang, oleh karena itu keluarga, warga serta aparat setempat melakukan pencarian," ujarnya.

Lokasi penemuan Zulkarnain berada di koordinat 4° 42.545'N 107° 59.403'E. Kemudian tim SAR gabungan mengevakuasi korban.

"Korban diduga terjatuh saat memancing, pasalnya pada saat ini gelombang di daerah itu diperkirakan mencapai empat meter. saat ini korban telah diserahkan kepada keluarganya," ujarnya

"Dengan ditemukannya korban, operasi SAR ditutup dan seluruh unsur meliputi, personel Unit Siaga SAR, Koramil, Polsek, Pos AL, masyarakat nelayan juga telah kembalikan ke satuan dan kediaman masing-masing. Tadi pagi korban juga sudah diserahkan ke keluarga," tambahnya.

Kepala Kantor Basarnas mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada. Apalagi untuk wilayah Natuna dan Anambas saat ini gelombang laut cukup tinggi dan angin.

"Waspada potensi angin kencang yang dapat mencapai 25 knot di wilayah Natuna, Anambas dan sekitarnya serta waspada gelombang laut yang dapat mencapai ketinggian 4 meter. selalu gunakan alat keselamatan seperti pelampung serta tetap update perkembangan cuaca," ujar dia.

Editor: Gethya Nabilla

artikel terbaru