Sekdaprov Adi Terima Audensi Rektor UMRAH

Gethya Nabilla

Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau Adi Prihantara menerima audensi Rektor Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Agung Dhamar Syakti bersama Kepala Biro BAKK UMRAH Ary Satia Darma di Ruang Kerja Sekda, Lantai III, Gedung A, Kantor Gubernur Kepulauan Riau.

Turut mendampingi Asisten Ekonomi dan Pembangunan Luki Zaiman Prawira, Kepala Disnakertrans Mangara M. Simarmata serta Kepala Biro Administrasi Pimpinan Provinsi Kepulauan Riau Dodi.

Dikesempatan ini Rektor UMRAH Agung Dhamar Syakti menyampaikan maksud dan tujuan audensi ini diantaranya adalah mengundang kehadiran Gubenur Kepulauan Riau untuk hadir dan melakukan penandatangan Perjanjian Kerjasama antara Universitas Rhode Island Amerika Serikat dengan Pemprov Kepri dan UMRAH.

“Acaranya tanggal 18 Januari (sore) di Hotel Darmawangsa Jakarta. Selain penandatanganan PKS dengan UMRAH dan Pemprov Kepri, pihak Universitas Rhode Island Amerika Serikat akan juga melakukan penandatangan PKS dengan BRIN serta Kementerian KKP diwaktu yang sama. Jadi mohon perkenan kehadiran Bapak Gubernur,” harap Agung Dhamar Syakti.

Agenda selanjutnya pada tanggal 19 sd 20 Januari atau 26 sd 27 Januari juga memohon kesediaan Bapak Gubernur Kepri untuk ikut mendampingi Tim Kementerian Kesehatan RI dan Kementerian Pendidikan RI yang akan melakukan visitasi terkait kesiapan fakultas kedokteran di UMRAH.

“Tim dari kementerian akan turun melihat kesiapan dari UMRAH dan Komitmen dari Pemerintah Daerah. Oleh karena itu mohon perkenan juga Bapak Gubernur Ikut mendampingi,” ucapnya

Kemudian terkait pengembangan UMRAH kedepan, Agung Dhamar Syakti berharap bantuan dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau untuk memberikan akses kepada UMRAH agar dapat dipertemukan dengan dengan para pimpinan perusahaan di Kepri agar lembaga pendidikan khususnya universitas bisa mengetahui kebutuhan tenaga kerja seperti apa yang dibutuhkan oleh Industri saat ini.

“Kami minta difasilitasi agar bisa bertemu dengan para pimpinan perusahaan. Hal ini dalam rangka meningkatkan SDM di Kepri sehingga link and match dengan kebutuhan di dunai industri saat ini. Bila perlu kebutuhan industri apa, kita akan buatkan prodi khususnya, agar lulusan dari UMRAH bisa langsung terserap di dunia industri,”pintanya.

Menanggapai hal tersebut, Sekda Adi Prihantara menyampaikan bahwa terkait jadwal kegiatan Bapak akan dibicarakan lebih lanjut dengan Biro Administrasi Pimpinan untuk menyesuaiakn kegiatan di hari tersebut.

“Ini ada kepala Biro Administrasi pimpinan, silahkan berkoordinasi agar diatur jadwal sesuai dengan yang telah ditetapkan sebelumnya. Untuk Asisten II, agar siapkan bahan dan pelajari Perjanjian kerjasama dengan Universitas Rhode Island Amerika Serikat agar Perjanjian kerjasama ini berdampak bagi kemajuan SDM di Kepri,” jelasnya.

Adapun akses untuk bertemu dengan para pimpinan industri atau perusahaan di Kepulauan Riau, Sekda Adi menyarankan Rektor UMRAH Agung Dhamar Syakti agar berkomunikasi dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi kepulauan Riau.

“Tindak lanjutnya bisa berkoordinasi dengan Kadisnaker Pak Mangara karena para pimpinan industri adalah mitra kerjanya. Harapannya dengan mengetahui apa kebutuhan dari dunia industri, SDM yang dihasilkan oleh UMRAH nantinya lebih cepat terserap dunai industri. Bahkan kalau perlu sebagai pimpinan perusahaan kita undang sebagai dosen pengisi materi di Kampus agar peserta didik lebih tahu dan dapat mempersiapkan diri dengan kebutuhan dunia kerja,”tutupnya.

Editor: Hikmat Rabbbani

artikel terbaru