SATU-SATUNYA DI KEPRI, PENYENGAT MASUK 75 DESA WISATA TERBAIK ADWI 2023

Gethya Nabilla

Pulau Penyengat menjadi satu-satunya destinasi wisata di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) yang masuk 75 besar Desa Wisata terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023, yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (kemenparekraf) Republik Indonesia (RI).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tanjungpinang, Muhammad Nazri mengaku bangga dan bersyukur pulau Penyengat terpilih 75 besar desa wisata terbaik dari tahap kurasi dan penilaian oleh tim juri kemerpanekraf.

"Alhamdulillah, setelah ini kami akan menyiapkan segala sesuatu untuk menghadapi tahapan penilaian ADWI selanjutnya. Mudah-mudahan sukses dan menjadi yang terbaik," kata Nazri, usai mengikuti bimbingan teknis bersama Menteri Pariwisata dan Ekraf, Sandiaga Uno, secara daring, dari ruang kerjanya, di kantor disbudpar Tanjungpinang, Kepri.

Rencananya, kata Nazri, Menteri Sandiaga Uno akan melakukan kunjungan ke 75 desa wisata terpilih ADWI. Meskipun, belum bisa dipastikan Tanjungpinang menjadi bagian dari kunjungan itu, tapi kami akan mempersiapkannya. 

Oleh karena itu, ia mengharapkan dukungan serta doa dari masyarakat, para OPD pemko, khususnya ibu wali kota, wakil wali kota, sekda, dan stakeholder lainnya, agar penilaian pulau Penyengat menjadi Desa Wisata terbaik di Indonesia berjalan sukses sesuai harapan kita bersama. 

"Insya Allah, kalau ini sukses akan ada bantuan dari kemenparekraf, sehingga ke depannya bisa kita manfaatkan untuk mengembangkan lagi destinasi pariwisata di kota Tanjungpinang," ucapnya.

Terpisah, Sekretaris Daerah (sekda) Kota Tanjungpinang, Zulhidayat mengapresiasi dinas kebudayaan dan pariwisata bersama pokdarwis dan masyarakat pelaku wisata yang telah mengantarkan pulau Penyengat menjadi 75 besar desa wisata terbaik di Indonesia. 

Ia berharap, dengan terpilihnya Penyengat dalam ajang ADWI dapat memacu kebangkitan pariwisata menjadi lokomotif penggerak ekonomi daerah dan masyarakat di kota Tanjungpinang.

"Mudah-mudahan nanti akan bermunculan destinasi-destinasi wisata di Tanjungpinang yang berkualitas, mandiri, dan memiliki daya saing, sehingga mampu meningkatkan pendapatan masyarakat dan membuka lebih banyak lapangan pekerjaan," ucap sekda.

Editor: Gethya Nabilla

artikel terbaru