Miliki Fasilitas Berteknologi Canggih, Ini Gambaran Pabrik Mobil Chery di Tiongkok

Abdul Khoir

Chery memiliki pabrik atau fasilitas perakitan mobil berteknologi canggih di Wuhu, Anhui, China. Pabrikan asal Tiongkok itu memiliki fasilitas yang sangat lengkap, mulai dari pengembangan R&D, produksi, fasilitas uji tabrak (crash test), aerodinamika, hingga uji kekedapan.

Hampir keseluruhan dari kegiatan perakitan mobil di sini menggunakan alat otomatis atau mesin serupa robot. Bila sengaja membandingkan, sepertinya lebih banyak jumlah mesin ketimbang karyawan di sini.

Mesin-mesin canggih itu memiliki tugasnya masing-masing. Mulai dari area khusus untuk perakitan enjin, rangka, interior, dan juga stamping. Dari penglihatan kami, pekerja manusia lebih banyak dibutuhkan untuk mengoperasikan mesin dan juga mengerjakan bagian mobil yang sulit dijangkau oleh mesin tersebut.

Fasilitas produksi itu juga dijuluki sebagai ‘Chery’s Future Factory’ yang sudah mengemas teknologi cerdas berbasis digital. Pantauan kami, ada beberapa robot khusus bertugas membawa komponen yang akan dipasang oleh manusia lewat jalur yang sudah disediakan.

Yang paling menarik adalah produksi mobil di sini juga mampu dioperasikan secara otomatis lewat jaringan internet alias secara daring. Menurut penjelasan Chery, teknologi canggih yang terintegrasi diharapkan bisa mengefisiensi biaya operasional agar dapat unggul di seluruh industri yang ada.

Chery juga punya fasilitas uji tabrak sendiri di sini. Mobil-mobil model baru produksi Chery sebelum resmi dijual di berbagai negara dipastikan sudah lulus uji tabrak dan keselamatan sesuai dengan segmen dan levelnya masing-masing

Editor: Abdul Khoir

artikel terbaru