Prabowo Diisukan Tampar dan Cekik Wamentan, Begini Reaksi Jokowi hingga Relawan Lapor Polisi

Abdul Khoir

Alap-alap.com - Beredar isu di media sosial Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menampar dan mencekik Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi menjelang rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan. 

Informasi di media sosial itu menyebutkan kejadian itu karena diduga Prabowo kesal Kementerian Pertanian tidak mendukung salah satu program yang ditugaskan kepadanya.

Berikut tanggapan dari Presiden Joko Widodo, Menhan Prabowo dan Kementerian Pertanian sebagaimana dikutip Alap-alap.com dari Labviral.com:

1. Tanggapan Prabowo: Belum bertemu Wamentan

Dilansir dari siaran YouTube Kompas TV, Selasa (19/9/2023), Menhan Prabowo mula-mula tertawa mendengar pertanyaan wartawan terkait informasi peristiwa penamparan dan pencekikan itu.  Prabowo yang berada di samping Presiden Joko Widodo kemudian memberikan tanggapan bahwa dirinya belum bertemu dengan sang wamen.

 "Saya ketemu saja belum sama wamennya (wakil menteri)," ujar Prabowo yang diikuti tawa kecil.

 "Enggak pernah itu. Selalu (dengan) menterinya (Menteri Pertanian) saya," tambahnya. 

Wartawan kemudian menanyakan apakah isu di media sosial tersebut akan dilaporkan secara hukum. Prabowo menjawab, pihaknya akan mempelajari perkembangan atas informasi tersebut. 

"Ya kita kalau bisa sejuk, sejuk. Tapi nanti sedang diproses juga, dipelajari itu," ujar Prabowo. 

2. Tanggapan Jokowi: Tidak ada peristiwa itu

Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara mengenai isu liar Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menampar Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi di sebuah rapat kabinet. 

Apa kata Jokowi?

"Setahu saya tidak ada peristiwa seperti itu," kata Jokowi usai meninjau Pasar Jatinegara, Jakarta Timur, Selasa (19/9/2023).

"Masak nyekik?" sambungnya.

Jokowi menilai isu-isu seperti itu memang kerap muncul lantaran saat ini merupakan tahun politik. Ia meminta semua pihak jangan mudah percaya informasi yang belum jelas.

"Memang tahun politik ini banyak berita-berita seperti itu. Tolong dikroscek, dikroscek kebenarannya, jangan diterima mentah-mentah setiap ada berita ya," ujarnya.

3. Kementan membantah

Kementan menegaskan Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi tidak menghadiri ratas di Istana Kepresidenan mewakili Mentan dalam waktu 10 hari terakhir. Hal itu sekaligus mengkonfirmasi kekeliruan isu yang beredar.

"Kami sudah cek agenda Wamentan dalam 10 hari terakhir, tidak ada agenda beliau hadir mengikuti Ratas di istana mewakili Bapak Mentan SYL," kata Arief Cahyono, Ketua Kelompok Substansi Pemberitaan dan Strakom, Setjen Kementan dalam keterangan pers. 

Arief menambahkan tidak mungkin ada agenda Ratas yang tidak melalui tata keprotokolan di Kementan. Keterangan pers Kementan itu sekaligus membantah gosip Prabowo menampar Wamentan. 

"Iya terkait berita yang ramai itu," katanya

4. Relawan Prabowo lapor ke Bareskrim Polri

Ketua Umum Relawan Indonesia Bersatu Lisman Hasibuan laporkan pembuat dugaan Hoaks berita Menteri Pertahanan Prabowo Subianto disebut tampar Wamentan Harvick Hasnul Qolbi.

Lisman datangi Bareskrim Polri pada Selasa (19/9/2023) Siang.

“Kita kan mau menjelang pesta demokrasi, maka kami sebagai relawan tidak inginkan hal-hal tersebut terjadi ya kita melaporkan lah,” ujar Lisman.

Editor: Abdul Khoir

artikel terbaru