Jumat Takwa Momentum Penggalian Bakat Karya Seni Islami

Gethya Nabilla

Menggambar dan mewarnai kaligrafi Asmaul-Husna di sekolah selalu kami lakukan pada Jum’at  pertama  pada setiap bulannya. Kegiatan ini terlaksana karena  dukungan  kepala sekolah, yaitu ibu  Juribah S.Pd.I dan dilaksanakan oleh guru PAI beserta seluruh majelis guru di SDN 007 Singkep Barat.  Adapun peserta kegiatan Jum’at kreasi kaligrafi ini diikuti oleh seluruh siswa SDN 007 Singkep Barat dari kelas 1 sampai dengan kelas 6. 

"Kegiatan ini bagi murid  bertujuan untuk menyalurkan minat dan mengembangkan bakat murid dalam karya seni islami, sedangkan tujuan bagi guru adalah proses pengumpulan informasi dan mengetahui  kebutuhan belajar murid. Hasilnya kemudian dapat digunakan sebagai bahan refleksi serta landasan untuk meningkatkan mutu pembelajaran keterampilan murid dalam seni kaligrafi,"terang Lucia,S.Pd.I, Jumat(3/3) melalui pesan WA. 

"Kegiatan ini adalah salah satu bentuk program sekolah, yaitu program keagamaan yang berpihak kepada murid, dimana pada kurikulum merdeka pada FASE A,B dan C ini murid  akan lebih bersemangat jika program keagaaman divariasikan dengan menggambar dan mewarnai nama-nama Allah dan menambah kebebasan dan kreatifitas murid hal ini sangat sejalan dengan kurikulum merdeka yang ditetapkan oleh pemeritah,"ungkap Guru PAI yang hobi membaca ini. 

Ia menambahkan hasil dari kegiatan ini adalah murid-murid terlibat aktif dan bersemangat  untuk datang kesekolah, bahkan kegiatan Jum’at Takwa ini adalah hari yang ditunggu-tunggu murid. Mereka sangat antusias sekali mempersiapkan pensil, penghapus dan pensil cat guna menyambut kegiatan kaligrafi asmaul husna ini. 

"Melalui kegiatan ini semoga dapat menghasilakan profil pelajar pancasila, yaitu sejumlah karakter dan potensi yang diharapakan untuk diraih oleh murid yaitu beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, bernalar kritis, kreatif, mandiri, bergotong royong dan berkebhinekaan global dapat diwujudkan. Aamiin ya Allah,"harap Lucia.

Editor: Anindita Sekar

artikel terbaru