Tingkatkan Kunjungan Wisatawan, Gubernur Kepri Tetapkan Destinasi Wisata Terbaik

Abdul Khoir

Melalui Surat Keputusan Nomor 1263 tahun 2022 yang dikeluarkan oleh Gubernur Kepri Ansar Ahmad, telah menetapkan destinasi pariwisata, kawasan strategis pariwisata dan daya tarik wisata propinsi Kepri.

Beberapa lokasi yang dianggap menjadi daya tarik wisata di wilayah Kepri kota Tanjungpinang antara lain meliputi; Bukit Manuk, Pulau Penyengat, kawasan Kota Lama, Bintan Center, Senggarang, Dompak, dan Hutan Lindung Bukit Kucing.

Sementara itu, untuk di kota Batam ada destinasi yang menjadi daya tarik para wisatawan untuk berkunjung. Di antaranya adalah Pantai Dendang Melayu, Ex Camp Vietnam, Pulau Putri, Jembatan Barelang, dan Museum Raja Ali Haji.

Di kabupaten Bintan, ada wisata Taman Kota Kijang, pantai Dugong, desa wisata Pengudang, mangrove desa Toapaya, dan wisata Mapur.

Di Kabupaten Karimun, ada  Panggung Rakyat Putri Kemuning Coastal Area, Air Terjun Pongkar, Pantai Pelawan, Pantai Pongkar, dan Air Panas Tanjung Hutan.

Di wilayah kabupaten Lingga ada destinasi wisata menarik. Di antaranya adalah air terjun Resun, pemandian air panas, museum Linggam Cahaya, situs Istana Damnah, dan air terjun Lubuk Papan.

Tak kalah dengan wilayah lainnya, Kabupaten Natuna juga menyimpan pesona keindahan alam yang begitu indah, antara lain Mangrove Pering, Pulau Senua, Air Terjun Hiu, Pantai Batu Kasah, dan Mangrove Mekar Jaya.

Terakhir, kabupaten kepulauan Anambas terdapat air terjun Neraja, Padang Melang, air terjun Temburung, Pulau Temawan dan Pulau Ayam.

Pelaksana tugas (Plt) Dinas Pariwisata Kepulauan Riau (Kepri), Heri Mukhrizal mengatakan, Gubernur Kepri terus melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara pasca pandemi covid-19.

“Alhamdulillah berhasil melobi pemerintah pusat seperti Menparekraf, Menko Perekonomian dan Menteri Hukum dan HAM. Berbagai terobosan telah dilakukan pak Gubernur,”katanya seperti dikutip TribumBatam.id pada Senin (20/3/2023).

 

Editor: Abdul Khoir

artikel terbaru