Gubernur Ansar Semangati Masyarakat Air Saga Batam, Pastikan Hinterland Juga Diperhatikan

Airlangga Gandhi

Riuh kompang yang ditabuh anak-anak Pulau Air Saga, mengiringi kedatangan Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad dalam kunjungan kerja yang disambut antusias warga hinterland Kelurahan Pulau Abang Kota Batam ini.

Gubernur Ansar yang menurut warga Air Saga merupakan Gubernur Kepri pertama yang hadir langsung di Pulau ini, berkunjung dalam rangka menghadiri syukuran atas selesainya pekerjaan Pembangunan Jalan Beton di Pulau Abang untuk tahun anggaran 2022.

Panjang jalan yang ditangani dalam pekerjaan yang juga merupakan pokok pikiran Anggota DPRD Kepri Taba Iskandar ini mencapai 666 meter dari 2,4 km jalan eksisting dari Pulau Air Saga menuju Pulau Abang. Dengan lebar jalan 3 meter dari eksisting 1,5 meter berspesifikasi beton bertulang dari sebelumnya paving block. 

Pagu anggaran yang dianggarkan sebesar Rp. 1 miliar dan dengan nilai kontrak mencapai Rp. 799 juta. Panjang jalan eksisting dari Pulau Air Saga menuju Pulau Abang adalah sepanjang 2,4 km, dengan selesainya 666 meter jalan yang sudah ditangani, maka panjang jalan menuju Pulau Abang yang belum ditangani sepanjang 1,7 km.

Dalam sambutannya, Gubernur Ansar menyampaikan membangun Kepri sebagai Provinsi Kepulauan terbesar di Indonesia ini sangat mahal biayanya. Dengan APBD 2022 sebesar Rp. 3,7 triliun harus mengurus 7 kabupaten kota.

"Memang dengan kemampuan terbatas maka kami bagi sikit-sikit. Maka kita mesti bersyukur disini dapat anggaran Rp. 1 miliar membangun jalan ini. Memang membangun Kepri mesti hemat dan bijak. Supaya jangan kota-kota saja yang gemerlapan tapi kampung-kampung juga perlu diperhatikan" ujar Gubernur Ansar disambut tepuk tangan masyarakat.

Untuk itu, lanjut Gubernur, Pemprov Kepri bergandeng tangan dengan Pemko Batam untuk membangun hinterland, supaya semua pulau performancenya lebih baik.

"Memang perlu kita pikirkan semua, mulai dari bantuan-bantuan yang telah kita bagikan seperti rumah ibadah, insentif RT RW, posyandu, hingga transportasi anak sekolah. Insya Allah tahun depan kita bantu pembiayaan BPJS Ketenagakerjaan bagi nelayan, bantuan untuk guru PAUD, LPM, dan BPD. Mudah-mudahan itu semua bisa membangun semangat masyarakat" ungkapnya.

Terakhir, Gubernur berharap pembangunan jalan yang merupakan akses anak-anak Air Saga bersekolah ke Pulau Abang dapat bermanfaat.

"Yang penting bapak ibu semua semangat. Dorong anak-anak untuk terus sekolah. Mudah-mudahan anak-anak bisa berhasil. Bapak Ibu doakan, akan kita urus hinterland semaksimal mungkin" tutupnya.

Gubernur Ansar mengakhiri kunkernya ke Pulau Air Saga dengan meninjau pekerjaan jalan beton di Pulau berpenduduk 150 KK ini dengan menaiki sepeda motor.

"Sudah dipastikan hasil pekerjaannya bagus. Kontraktornya amanah" kata Gubernur Ansar usai meninjau. 

Kemudian masyarakat Pulau Air Saga pun antusias berfoto bersama dan ber 'selfie' dengan orang nomor satu di Kepri ini.

Turut hadir dalam acara ini Tim Percepatan Pembangunan Sarafuddin Aluan, Suyono, Anto Duha, dan Said Erwansyah, Widyaiswara Ahli Utama Lamidi, Kepala Dinas ESDM M. Darwin, Kepala Dinas Kominfo Hasan, Kabid Cipta Karya Dinas PUPP Kepri Hendrija, Anggota DPRD Kota Batam Rahmat, Manajer PLN UP3 Tanjungpinang Yusra Helmi, dan Manajer PLN UP2K Kepri Tri Haryanto

Editor: Abdul Khoir

artikel terbaru